Jumat, 18 Februari 2011

Tentang Persahabatan


http://www.quotesarcade.com/graphics/friendship/friendship_quotes_graphics_b5.gif



indahnya kisah persahabatan kadang tidak seperti yang kita bayangkan, terkadang kita terlena akan kisah tersebut. terkadang kita bermimpi bahwa suatu persahabatan akan bisa kekal. tapi semua itu hanya mimpi belaka. ada sebuah kisah yang mana bisa menggambarkan bahwasanya persahabatan tidak seperti yang diduga selam ini. dan semua itu hanya karena ego belaka, yang bisa membawa suatu persahabatan yang selama ini terbentuk akan menjadi mimpi2 belaka.

setiap orang pasti akan mengalami yang namanya pekenalan, trus dilanjut dengan persahabatan dan lama2 pasti diantara satu dari sahabat ini akan menganggap lebih dari sahabat, dan akhirnya apa yang terjadi?

Persahabatan itu seindah puisi, terlalu indah jika dirangkai dengan kata. Saat ini, begitu banyak kita temui puisi persahabatan. Puisi ini berisi larik-larik yang menuangkan isi hati akan indahnya sebuah persahabatan. Bicara tentang sahabat, memang tidak ada habisnya. Kita bisa menemukan banyak malaikat berwujud manusia, yang memberi warna dalam kehidupan kita.
Berbagai definisi sahabat yang dituangkan dalam puisi persahabatan diantaranya sebagai berikut :

I.             Indahnya Persahabatan

Tiada mutiara sebening cinta..
Tiada sutra sehalus kasih sayang..
Tiada embun sesuci ketulusan hati..
Dan tiada hubungan seindah persahabatan..
Sahabat bukan
MATEMATIKA yang dapat dihitung nilainya..
EKONOMI yang mengharapkan materi..
PPKN yang dituntut oleh undang-undang..

Tetapi
Sahabat adalah SEJARAH yang dapat dikenang sepanjang masa..

II.           Puisi Persahabatan
Sahabat tak ubahnya atmosfer
Yang melindungi semua makhluk di bumi
Dengan merdam sebuah energi besar
Menjadi sumber dari segala kehidupan

Pastinya kita semua sepakat bahwa persahabatan memang sangat indah, maka untuk mengungkapkannya pun harus dengan kata-kata yang sepadan untuk bisa mewakili rasa persahabatan itu sendiri. Keindahan sahabat diungkapkan Khahlil Gibran dalam puisi persahabatan berikut:

Sajak Persahabatan

Dan seorang remaja berkata, Bicaralah pada kami tentang Persahabatan.

Dan dia  menjawab:

Sahabat adalah keperluan jiwa, yang mesti dipenuhi.

Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau tuai dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.

Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa mahu kedamaian.

Bila dia berbicara, mengungkapkan fikirannya, kau tiada takut membisikkan kata "Tidak" di kalbumu sendiri, pun tiada kau menyembunyikan kata "Ya".

Dan bilamana dia diam,hatimu berhenti dari mendengar hatinya; kerana tanpa ungkapan kata, dalam  persahabatan, segala fikiran, hasrat, dan keinginan dilahirkan bersama dan dikongsi, dengan kegembiraan tiada terkirakan.

Di kala berpisah dengan sahabat, tiadalah kau berdukacita;

Kerana yang paling kau kasihi dalam dirinya, mungkin kau nampak lebih jelas dalam ketiadaannya, bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki, nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya roh kejiwaan.
Kerana cinta yang mencari sesuatu di luar jangkauan misterinya, bukanlah cinta , tetapi sebuah jala yang ditebarkan: hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu.
Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenali pula musim pasangmu.
Gerangan apa sahabat itu jika  kau sentiasa mencarinya, untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu?
Carilah ia untuk bersama menghidupkan sang waktu!
Kerana dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu.
Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria dan berkongsi kegembiraan..
Karena dalam titisan kecil embun pagi, hati manusia menemui fajar dan ghairah segar kehidupan.


Betapa puisi persahabatan tersebut terasa penuh makna kehidupan yang tidak pernah akan kering karena disirami oleh rasa percaya akan sesama sahabat yang begitu melekat dalam hati.


  • Curhatan Ismed
    Prsahabatan ad/ sesuatu hal yg paling indah namun terkadang tanpa kita sadari seketika persahabatn tsb hancur dikarenakan ke egoisn dri msing2 pihak yg sllu mrasa benar… Ju2r dlu sy prcaya akan adax persahabatn sjati tpi syangx prsahabatn sjti tsb tlah mmbuat sy menangis hingga stiap detik nafasku brkurang dikarenakan olehx. Buat tman2 siapa pun & dimana pun kalian pesanku cman 1 jika kmu memiliki sahabt sjati yg ngertiin kmu bnget, “TOLONG” jngan prnh sia2kn mrka & jngan prnh biarin mrka prgi dri kehidupanmu slmax krn kmu TDK BKLAN PRNH menemukn lgi shabat trbaik…!!


  • Curhatan Acoen
    saya jg berpkir klo persahabatan itu akn sllu bhgia tp trnyata ga bgt.justru krn maslh spele dia mlh jauhin gtu.memeng seseorang kan terbangun dr ksombongan nya d saat dia mrsakan bgmn apa yg org lain dia rasakan.klo kmu mmg marah ma sya kmu ga prlu bawa orang lain k dalam mslah kita krn mereka ga tw apa2.sya yakin swtu saat allah kan mmbalas nya.klian smw ga usah egois gtu lah semua orag tuh brhak tuk bersahabat jd klian tuh ga perlu ikut cmpur mslah orang blm tentu hidup klian tuh bnr….smga ja kmu bs sadar dan jangan smpe nyakitin sahabat kamu sndri…

Tidak ada komentar: